Kerujuk Wisata Edukatif

Administrator 11 Oktober 2016 21:47:18 WIB

Dusun Kerujuk Desa Pemenang Barat Kecamatan Pemenang Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat merupakan kawasan yang kaya dengan keindahan alam. Daerah yang berada dibawah perbukitan pusuk ini memiliki beberapa potensi wisata yang kini mulai dikembangkan oleh masyarakat setempat.

Untuk mendukung pengembangan potensi wisata itu, masyarakat tidak hanya terfokus pada penataan kawasan. Kini muncul ide dan gagasan lain dalam melengkapi konsep materi kawasan wisata setempat. Masyarakat setempat membumingkan beberapa permainan tradisional Sasak dan campuran yang dikemas dengan tema “Kerujuk Menjojak”.

 

‘’Kerujuk menjojak ini bagian dari ajang promosi desa wisata yang sedang kami kembangkan di wilayah ini,” ungkap Pengurus Pokdarwis Lestari Kerujuk, Lukmanul Hakim.

Kerujuk Menjojak ini dilaksanakan tepat pada perayaan Isra Mi’raj Nabi Besar Muhammad SAW yang dirayakan oleh masyarakat setempat. Beberapa jenis permainan tradisional masa silam yang kini jarang, bahkan tidak pernah nampak dimainkan masyarakat diekspos kembali oleh masyarakat setempat. Sekitar 14 permainan tradisional Sasak maupun campuuran ditampilkan, seperti tarik tambang, lomba balap karung, ngoros ban, pantok keme’, dan beberapa permainan lainnya.

 

Perkembangan tekhnologi saat ini tidak hanya berdampak positif, memang diakui juga memberikan dampak negatif bagi masyarakat. Salah satunya saat ini anak-anak lebih cendrung melupakan dan bahkan tidak mengenal beberapa permainan tradisional zaman dulu, karena sudah mengenal perangkat tekhnologi yang berkembang seperti handphone yang memiliki fitur aplikasi menarik membuat lebih seru dirasakan.

Melalui Kerujuk Menjojak ini kelompok Pokdarwis Lestari akan menjadikan event ini sebagai ajang membangkitkan semangat lagi anak-anak untuk mengenal permainan tradisional, dimana permainan tradisional yang ditampilkan tersebut akan menjadi bagian dokumentasi masyarakat peduli desa wisata setempat untuk bisa disuguhkan kepada para pengunjung kawasan tersebut, sehingga tidak hanya akan menikmati keindahan alam, namun juga bisa secara langsung diajak untuk bermain permainan tradisonal.

 

Untuk diketahui, Desa Kerujuk saat ini telah menjadi kawasan ekowisata, dimana lokasi ini telah disiapkan tempat pemancingan oleh pemerintah yang bekerjasama dengan masyarakat setempat, dimana masyarakat juga disuguhkan untuk menikmati hasil pancingan dengan diolah langsung ikan hasil pancingan tersebut dan dinikmati dilokasi ini.

Tidak hanya itu, saat ini di kawasan tersebut juga telah ditemukan pemandian air terjun yang terletak diatas perbukitan kerujuk. Kedepan rencana pemerintah dan masyarakat juga akan membuatkan jalan yang layak untuk bisa menembus tempat pemandian air terjun ini.

Komentar atas Kerujuk Wisata Edukatif

28 November 2016 14:41:04 WIB

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silahkan datang / hubungi perangkat desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukan NIK dan PIN

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Pemenang Barat

tampilkan dalam peta lebih besar